Wednesday, 9 November 2016

Ebook Kolaborasi Seru Setiap Saat

Ebook Bermain Bersama Oscar 

 Bermain Bersama Oscar E-Book

E-Book bergambar Bermain Bersama Oscar ini bercerita tentang sebuah manusia salju yang ingin tahu darimana datangnya salju. Kemudian datang Keping Salju yang bercerita tentang perjalanannya yang panjang hingga menjadi salju. Kunjungi website http://serusetiapsaat.com/ebook/bermain-bersama-oscar/ untuk cerita lengkapnya. Picbook ini kerjasama dengan Rumah Jamur Kurcaci, Serusetiapsaat, dan Pelangi Nada. Awal mula ide cerita ini....



Dari grup RJK, Mbak Gita Lovusa mengajak semua anggota membuat picbook dengan tema lagu anak. Semua teman pada langsung menemukan judul lagu anak masing-masing. Ada yang tentang Burung Ketilang. Ada juga yang memilih lagu Naik Delman. Tapi aku kok malah kepikiran lagunya Ana, "Do You Want to Build A Snowman?" buat cerita picbook tentang manusia salju.

Nah, loh, gimana coba harus mensinkronisasi cerita dan lagu? Aku pun jalan dulu membuat picbook tentang pertemuan Oscar dan Keping Salju. Ketik, ketik, ketik, ketik, kirim dan tidak lupa menyematkan lagu snowman. Untungnya nemu juga lagu anak tentang snowflake. Sayangnya kalau diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, kurang familiar. Jadinya mbak Gita Lovusa dengan ide cerdasnya mengajak kolaborasi mbak Mira Pelangi Nada yang jago nulis lagu. Kemudian, segera mbak Mira mengaransemen musik dan teks bahasa Indonesia. Ini lagu salju Indonesia asli, lho. Mari menyanyi lagu salju ini sambil duduk di puncak gunung Jayawijaya.

Cerita seru juga mengiringi proses ilustrasinya Oscar bersama mbakjeng Nabila Anwar. Daku kan belum pernah bikin naskah picbook sebelumnya. Rada-rada tidak sinkron juga menulis teks untuk cerita bersamaan dengan deskripsi  gambarnya. Nulis deskripsi gambar malah banyaknya melebihi teks cerita. Potong, edit, kirim, sambil pasrah sama eksekusi ilustratornya.

Alhamdulillah, hasilnya melebihi ekspektasiku. Suka...suka...suka...pake banget. Emosi dan jiwanya si Oscar muncul dengan sendirinya melalui gambar. Aku malah merasa teks ceritaku yang jadi kaku. Kemudian revisi tahap selanjutnya pun aku edit-edit-edit-edit sampai sepuas hati, deh. Untungnya, mbak Gita dengan sabar mau membantu kasih saran demi kepentingan bersama.

Alhamdulillah ke sekian kalinya, naskah picbook "Bermain Bersama Oscar" ini rampung juga. Dengan tambahan bantuan mbak Ratna Kusuma Halim untuk layout teks. Bener-bener bersyukur aku dibantu banyak profesional buku anak dalam penggarapan naskah ini. Luv U all.

Yang paling akhir dari dipostingnya picbook "Bermain Bersama Oscar" ini semoga bisa menjadi bacaan menghibur sekaligus mendidik bagi anak Indonesia semua. Matur Tengkyu pada semua pembaca. ^_^

Baca juga Resensi Buku ini:

Baca juga cerpen dan dongeng ini:


1 comment:

fifadila dila said...

Oscar the snowman ^_^