Monday, 14 July 2014

RESENSI TANAMAN MONSTER



Judul   :  Tanaman Monster
Penulis : Ernita Dietjeria
Penerbit: Kiddo
Tahun  : 2014
Tebal   : 98 hal

Novel misteri cukup diminati pembaca cilik beberapa tahun ini. Baik yang ditulis oleh penulis cilik maupun penulis dewasa. Alur cerita yang membuat merinding diimbangi dengan teknik penulisan yang membuat penasaran, adalah keunggulan novel-novel misteri. Tak terkecuali novel Tanaman Monster ini.


Tonit mendapat tugas membawa tanaman untuk pelajaran sains. Dia mencari tanaman paling unik dan langka agar mendapat nilai tertinggi dari gurunya. Dia pun rela menelusuri hutan dan menemukan tanaman yang belum pernah ia temui sebelumnya. Kantong Monyet, namanya, tanaman karnivora pemakan serangga. 

Tonit membaca buku-buku seputar tanaman Kantong Monyet. Dia tertarik memelihara dan membesarkan tanaman itu sebaik mungkin. Kata pustakawati di sekolahnya, Kantong Monyet bisa dijual dengan harga mahal. Tonit berpikir bila ia berhasil menjual tanaman itu dia akan menjadi kaya raya. dan yang paling penting ibunya tak usah sibuk bekerja terlalu keras sampai larut malam. Khayalan dan kesenangan Tonit rupanya tak berlangsung lama. Tanaman Kantong Monyet itu rupanya memiliki pikiran sendiri. Dan Tonit dibuat kalang-kabut mengatasinya.

Ernita Dietjeria menceritakan kisah ini dengan cara-cara yang misterius. Bab pembukanya saja sudah membuat pembaca merinding. Apalagi endingnya yang super mengejutkan. Ernita dikenal sebagai penulis yang sudah berpengalaman di bidangnya. Sebut saja tebaran cerpen-cerpennya di majalah anak-anak, remaja, hingga koran minggu. Cerbungnya menjadi salah satu pemenang sayembara di majalah Femina 2013.

Kelebihan dari novel ini adalah alur berliku yang menegangkan dengan daya imajinasi tinggi. Penulis berhasil membuat pembaca terus membaca dan membaca lembarnya sampai habis. Kelebihan kedua, novel ini tidak hanya menyuguhkan imajinasi belaka. Namun juga pengetahuan menarik di dalamnya tentang tanaman Kantong Monyet atau yang sering juga disebut Kantong Semar.

weird and wicked file yang terlampir di lembar belakang menyuguhkan fakta menarik tentang kantong monyet. Persebarannya, penampangnya, perlindungannya. Tak rugi membaca kisah-kisah weird dan wicked yang diterbitkan penerbit Kiddo. Selain seru ceritanya, pembaca pun mendapat pengetahuan menarik di dalamnya.

Setiap cerita selalu ada kelebihan dan kekurangannya. Dalam novel ini, menurut saya pada endingnya yang terlalu menyeramkan dan menimbulkan kesan kisah ini bersambung (atau memang sengaja aka nada lanjutannya ya?). Memang dalam kisah-kisah misteri, ending selalu dibuat menggantung. Namun, persoalan utama dari cerita ini sama sekali belum tuntas.