Tuesday 23 July 2013

MERENANGI SAMUDERA IBADAH



Judul Buku      : Keajaiban Ibadah Setiap Waktu
Penulis             : Irma Irawati Hamdani
Penerbit           : Qibla imprint BIP
Cetakan           : I, 2013
Tebal               : 104 hlm
Harga              : Rp 24.000,00,-



Ada seorang remaja yang cukup sibuk dengan kegiatan osis, kursus, kemping, dan indekos di luar kota pula. Setiap si remaja keluar rumah, orangtuanya selalu mengingatkan untuk tidak lupa sholatnya, ibadahnya. Si remaja sering kali menjawab iya untuk melegakan hati orangtuanya. Di saat lain, si remaja keceplosan, Kalau lagi inget ya dikerjain kalau lagi lupa ya kan bisa rapel pas inget. Emang apa pentingnya ibadah sih, kok diingetin melulu? Bisa jadi, orangtua si remaja langsung pingsan mendengar jawabannya.

Menghadapi era serba sibuk dan hedonis ini, ibadah sepertinya sudah menjadi sebuah ritual sakral yang mudah terlupakan. Sebagai orangtua, tentu saja kita tidak ingin melepaskan anak-anak kita tanpa bekal agama kuat, ibadah teratur, dan menanamkan makna hidup manusia di muka bumi ini.

Mengajar anak remaja bisa jadi susah. Tapi jika melatih sejak kecil, bisa jadi gampang-gampang susah. Pelan-pelan dan tidak menggurui itu adalah kunci utama mendekati anak remaja. Untuk mengingatkan pentingnya ibadah, orangtua perlu tahu triknya. Tidak perlu khawatir berlebihan. tidak usah menyuruh terlalu sering. Biarkan remaja anda menemukan sendiri pentingnya ibadah bagi jiwa dan hidup mereka.

Bukan berarti orangtua lepas tangan untuk urusan ibadah remaja. Usahakan remaja anda mendapat bacaan yang sesuai. Bacaan ringan yang berisi inti sari ibadah manusia sebagai khalifah di muka bumi. Manusia sebagai hamba Allah SWT dan manusia sebagai makhluk sosial.

Buku Keajaiban Ibadah setiap Waktu adalah buku panduan tentang ibadah. Buku setebal 100 halaman ini terbagi menjadi tiga bagian: pemahaman tentang ibadah manusia, ibadah dalam arti khusus dan ibadah dalam arti universal.

Dalam Kitabullah sudah jelas Allah berfirman, “Tidak Aku ciptakan jin dan manusia kecuali (untuk) beribadah kepada-Ku.” Apa itu ibadah, bagaimana dan untuk apa manusia beribadah adalah mencari ridha Allah SWT dengan cara melakukan perbuatan yang disukai Allah SWT.

Ibadah itu sendiri dibagi menjadi dua. Ibadah khusus adalah ibadah yang berhubungan langsung dengan Allah SWT. Seperti Syahadat, sholat, puasa, zakat, haji. Ibadah universal adalah perbuatan baik antar sesama manusia. Penulis menjabarkan 7 sikap yang wajib manusia miliki untuk berbuat baik dengan manusia sekaligus mendapat ridho Allah SWT. Sifat itu adalah jujur, tanggung jawab, disiplin, kerjasama, adil, visioner, dan peduli.


Buku ini tidak menerangkan tata cara ibadah sedetail dalam fiqih. Namun, buku ini menunjukkan hakikat luas ibadah dilengkapi dengan simulasi dan kisah pendukung. Membaca buku ini seperti merenangi samudra ibadah. Mengapa? Karena buku ini ibarat foto satelit yang memberikan gambaran luas permukaan bumi. Perlu alat pendukung lain untuk menyelami lebih dalam tentang lansekap, cuaca, budaya, bahasa dari satu per satu negara di muka bumi ini.  Dalam buku Keajaiban Ibadah, penulis mengajak pembaca menyisir secara luas makna ibadah. Untuk sempurnanya ibadah, pembaca perlu menyelami buku fiqih untuk lebih mendalami syarat, rukun tata cara ibadah khusus yang harus ditunaikan langsung kepada Allah SWT.  



No comments: