Tuesday 23 July 2013

BUNGA KAIN KHAYLA


Judul Buku      : Bunga Kain Khayla
Penulis             : Fina Faza
Penerbit           : Qibla imprint BIP
Cetakan           : I, 2013
Tebal               : 146 hlm
Harga              : Rp 28.000,00,-



Novel anak dengan tema perceraian orangtua tidak terlalu banyak diangkat. Kalau pun ada cerita keluarga bertema perceraian biasanya lebih menitik beratkan pada konflik orangtuanya. Konflik yang terjadi anak biasanya dijadikan sebagai pelengkap cerita. Contohnya film Kramer vs Kramer (memenangkan 5 piala oscar), Mrs. Doubtfire, Stepmom, The Squid and the Whale. Karena memang masalah yang timbul dalam keluarga bercerai sangat kompleks.

Novel anak Bunga Kain Khayla ini mencoba menggambarkan kesedihan seorang anak setelah orangtuanya berpisah. Khayla terpaksa beradaptasi dengan banyak hal baru. Dia harus pindah rumah dan terpisah jauh dari ayahnya. Yang membuatnya sangat sedih, ayahnya tidak pernah menelepon atau membalas email Khayla. Rasa kangen Khayla pada sang Ayah membuatnya jadi gadis pemurung. 

Di mata anak sekolah dasar, perceraian orangtua adalah satu hal yang asing. Suatu hal yang tidak mudah dimengerti. Apalagi dijalani. Proses adaptasi dengan hal itu bisa memakan waktu cukup lama. Rasa sedih tidak bisa berkumpul dengan salah satu orangtuanya adalah persoalan utama. Perasaan minder terhadap teman-teman yang memiliki keluarga utuh adalah efek dominonya. Semoga novel ini bisa menumbuhkan rasa empati pembaca cilik pada teman yang orangtuanya berpisah.

Sebagai novel anak, novel ini tidak menyajikan konflik rumit anak-orangtua. Konfliknya hanya terpusat pada Khayla. Sebab musabab kesedihan tokoh utama dan bagaimana tokoh utama mengatasi kesedihannya. Pesan novel ini adalah jadilah anak baik meski di saat sulit, tidak merepotkan orangtua, dan kreatiflah. Jadi, novel setebal 146 halaman ini tidak terlalu berat dibaca adik-adik sekolah dasar. (*) 

Baca juga Resensi ini:

Baca juga cerpen dan dongeng ini:

No comments: